Artikel

12 Gejala Depresi

12 Gejala Depresi

Pagi ini klien saya seorang ibu yang datang didampingi adiknya. Ketika saya menyambutnya di ruang tunggu terapi saya, dia terlihat begitu pucat dan matanya begitu redup, terlihat jelas dia sedang memiliki problem berat.

Saat wawancara di ruangan terapi, dia menceritakan dia selalu merasakan ketakutan setiap saat sehingga tidak bisa lagi beraktifitas normal, dia merasakan kosong, letih luar biasa, tidak bisa melakukan pekerjaan sehari-harinya dan insomnia.

Jika Anda menjadi hipnoterapis, Anda pasti berpikir pasti akan sangat mudah mengakses emosi negatif klien itu karena emosinya sudah sangat intens dan Anda tinggal melepaskannya. Alhasil, terapi selesai dan klien kembali bahagia. Namun, tidak semudah itu. Anda perlu mengenali ciri-ciri klien yang sudah memasuki tahap depresi karena treatment hipnoterapi untuk klien depresi tidak bisa treatment biasa saja.

Ketika klien itu sudah memasuki kondisi hipnosis, saya minta dia mengakses emosinya. Secara teori hipnoterapi, jika klien sudah merasakan emosi yang sangat kuat maka hipnoterapis tinggal menggali penyebabnya dan melepaskannya. Apa yang terjadi dengan klien saya ini? Ketika saya meminta dia merasakan emosinya, dia mengatakan hanya perasaan kosong. Perasaan kosong? Tidak mungkin! Dia sedang merasakan emosi sangat dahsyat sehingga dia harus memohon jadwalnya dipercepat karena jadwal terapi saya sangat full. Tapi itulah yang biasa terjadi pada klien depresi. Ketika Anda meminta klien mengakses emosinya, dia hanya akan merasakan perasaan kosong atau dia mengatakan perasaan negatifnya tiba-tiba hilang. Mangapa hal itu bisa terjadi? Ingat, depresi adalah perasaan yang jauh lebih dalam dibandingkan simtom biasa. Emosi klien depresi telah masuk sangat dalam, Anda tidak bisa mengaksesnya jika hanya di permukaan biasa saja. Anda perlu menggali dan membangkitkan emosi yang sudah sangat dalam itu. Anda perlu menggunakan teknik hipnoterapi khusus untuk klien depresi.

Setelah saya memahami bahwa klien ini bukan klien dengan simtom biasa, dia sudah memasuki depresi maka saya menggunakan tenik khusus depresi. akhirnya, ditemukan penyebab depresi ibu itu. Beberapa bulan yang lalu dia ribut dengan suaminya. Ibu itu dipukul, dicekik, dibanting dan ditampar sampai babak belur. Anda pasti berpikir setelah saya menemukan penyebab depresinya, dia akan dengan mudah melepaskan emosinya. Karena jika emosinya telah terlepas maka dia akan sembuh dari depresinya. Anda mau tahu apa yang terjadi? Ibu itu hanya merasakan perasaan kosong ketika dia menceritakan kejadian mengerikan itu. Kosong lagi? Ya, itulah ciri-ciri klien depresi saat dihipnoterapi. Untung saya menguasai teknik hipnoterapi khusus untuk klien depresi. Akhirnya ibu itu bisa terkoneksi dengan emosi yang menjadi penyebab depresinya dan setelah selesai sesi dia merasakan kesegaran baru.

Saya telah banyak menangani klien depresi sehingga saya paham ciri-ciri yang ada pada klien depresi. Pernah ada seorang klien yang mengalami depresi bertahun-tahun. Awalnya obat depresi dari dokter masih mampu membuatnya tenang sehingga dia bisa menjalankan aktivitasnya. Lama-kelamaan dia menjadi resisten terhadap obat depresinya. Walaupun dosis sudah dinaikkan, dia tetap merasakan ketakutan dan tiap hari ingin mati. Dia datang ke beberapa hipnoterapis dan belum ada yang bisa mengakses emosi terdalamnya sehingga dia masih depresi. Jika Anda mendapatkan klien yang mengatakan sudah diterapi oleh hipnoterapis lain tapi tidak membuahkan hasil, Anda tidak boleh menjelek-jelekkan hipnoterapis lain itu karena bagi saya semua hipnoterapis adalah rekan sejawat kita. Ketika saya terapi, saya pun tidak bisa membuatnya mengakses ke emosi terdalamnya. Dia menceritakan berbagai pengalaman buruk hidupnya dengan sangat datar seperti pembawa berita membaca berita di televisi. Wah, tidak benar nih, pikir saya. Ketika saya gunakan teknik hipnoterapi khusus untyk depresi, dia langsung mengakses penyebab utamanya depresinya. Dia langsung memasuki masa janin. Ternyata, ketika dia di dalam kandungan ibunya, ibunya mengalami depresi berat sehingga di pikiran bawah sadar bayi ini terimprint depresi si ibu. Kemudian dengan teknik releasing, dia bisa melepaskan emosi terdalamnya. Mencengangkan! Di sesi berikutnya, dia mengatakan dokter psikiaternya telah mengurangi dosis obatnya setengah karena dia menunjukkan penyembuhan. Setelah enam sesi, dia telah terbebas sepenuhnya dari depresi tahunannya. Syukur luar biasa!

Bagi Anda para hipnoterapis, Anda perlu mengetahui ciri-ciri klien depresi saat memasuki hipnosis:

1. Klien mengatakan dia merasakan emosi negatif yang luar biasa, seperti kesedihan mendalam, putus asa bahkan mau mati tapi dalam hipnosis dia hanya merasakan perasaan kosong atau emosi negatifnya tiba-tiba hilang.

2. Klien resisten terhadap berbagai hipnoterapetik yang ada.

3. Jika pun Anda merasakan sudah menemukan ISE (Initial Sensitizing Event) yaitu penyebab utama simtom klien, di sesi berikutnya klien mengatakan tidak ada perubahan sama sekali.

Di bawah ini saya tuliskan definisi depresi dan juga gejala-gejalanya sehingga Anda bisa mengetahuinya dan memeriksa apakah Anda memiliki gejala-gejala tersebut.

Definisi Depresi:

Kondisi emosional yang di dalamnya terdapat perasaan sedih, sakit hati, tidak berharga, dan kekosongan yang ekstrem yang didalamnya juga terdapat perasaan tidak ada motivasi dan energi.

Jenis-jenis depresi:

Depresi Klinis

Depresi jenis ini akan berakhir sangat lama seolah itu akan terjadi selama kehidupan seseorang. Disebut klinis karena seseorang dokter yang mendiagnosa orang tersebut mengalami depresi.

Simtomnya:

1. Perasaan kesedihan, kekosongan, kegelisahan, kehilangan ketertarikan pada aktivitas-aktivitas yang sebelumnya disukai termasuk seks, pesimis dan cara pandang negatif terhadap kehidupan.

2. Insomnia.

3. Membutuhkan banyak sekali tidur dan berat untuk bangun dari ranjang.

4. Merasa bersalah, tidak berharga dan tidak berdaya.

5. Perubahan nafsu makan sehingga mengakibatkan turunnya berat badan atau naiknya berat badan.

6. Merasa kelelahan setiap saat.

7. Tidak bisa berkonsentrasi.

8. Selalu gelisah.

9. Merasa stress karena tidak bisa merasakan perasaan yang mereka ingin rasakan.

10. Mengalami sakit kepala.

11. Mengalami gangguan pencernaan.

12. Jika kondisi depresi telah sangat dalam maka orang tersebut akan memiliki kecenderungan untuk bunuh diri.

Depresi Kronis

1. Memiliki semua simtom depresi klinis.

2. Merasa bosan karena merasakan depresi sepanjang saat.

3. Terjadi dalam bentuk siklus. Rasa depresi itu akan hilang dalam waktu tertentu dan akan kembali lagi. Siklusnya bisa diprediksi kapan depresi itu akan hilang dan kembali lagi.

4. Orang yang mengalami depresi jenis ini akan merasakan bergulat seumur hidup dengan depresinya karena terus datang dan pergi.

Depresi Berat

1. Memiliki semua simptom depresi klinis.

2. Orang dengan depresi jenis ini sama sekali tidak bisa berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Dia tidak bisa bekerja atau bahkan bangun dari sofa. Dia bergulat sangat keras untuk bisa melakukan apa pun.

3. Tidak mau bangun dari tempat tidur bahkan tidak mau mandi.

4. Keinginan untuk bunuh diri menjadi sangat kuat dan terus-menerus.

Penyebab depresi:

• Ketidakseimbangan kimiawi dalam tubuh. Sinyal-sinyal elekrik di antara saraf-saraf otak berkurang dan tidak bekerja dengan baik.

• Masalah-masalah dalam kehidupan yang tidak terselesaikan.

• Masalah relationship.

• Masalah karier.

• Masalah finansial.

• Masalah kesehatan, seperti menderita penyakit menahun.

• Rasa marah, frustasi dan bersalah yang sangat kuat di alam bawah sadar.

• Aktivitas yang berkepanjangan. Berada di dalam ruangan terlalu lama. Hal-hal tersebut akan menghambat tubuh mengeluarkan endorphin dan seretonin. Sehingga membuat seseorang tidak bisa merasakan bahagia.

• Perubahan jam tidur dan pola makan.

• Drugs, alkohol, rokok.

• Pensiun.

• Liburan yang berakhir.

• Pekerjaan yang terlampau banyak.

• Aborsi.

Jika Anda memiliki berbagai gejala di atas, silahkan segera menghubungi hipnoterapis professional untuk membantu Anda. Bagi Anda yang ingin belajar hipnoterapi atau mau menjadi hipnoterapis handal, teknik hipnoterapi khusus untuk klien depresi saya ajarkan di Scientific & Clinical Hypnotherapy 100 Jam.

Comments are closed.